Ciri-Ciri Thermistor AC Mengalami Kerusakan � Harga AC Sharp Saat Ini

Harga AC Sharp saat ini bisa dibilang sangat beragam. Hal ini tentu saja tergantung pada teknologi dan sistem yang beroperasi di dalamnya. Sebut saja teknologi plasmacluster yang menjadi unggulan dari produk AC dengan fungsi untuk membersihkan ruangan dari virus dan jamur. Untuk tipe AC dengan teknologi ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 3 juta sampai 5 jutaan. Sementara untuk tipe AC yang biasa harganya lebih murah mulai dari 2 jutaan.


Air conditioner atau lebih dikenal dengan AC merupakan sebuah alat elektronik dengan fungsi utama mendinginkan ruangan. Didalam AC terdapat thermistor yang berfungsi sebagai alat pengatur suhu pada mesin refrigerasi. Dengan adanya thermistor, mesin kompresor dalam AC akan mampu mendinginkan suatu ruangan pada suhu yang telah ditentukan dari remote control AC.

Bagaimana Cara Kerja Thermistor Pada Air Conditioner?

Thermistor pada AC bekerja dengan memutuskan arus penghubung ke unit outdoor ketika suhu dingin ruangan sudah mencapai suhu tertentu yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut :
1. Ketika Anda mensetting temperatur dengan remote control pada suhu 23 derajat celsius, ruangan pun akan mencapai suhu 22 derajat celsius.
2. Secara otomatis thermistor akan mengirimkan sebuah signal untuk memerintahkan komponen PCB modul agar memutuskan arus listrik ke mesin kompresor.
3. Setelah suhu ruangan sudah mulai naik melebihi 22 derajat celsius, thermistor akan kembali memerintahkan PCB modul untuk mengirim arus ke mesin kompresor agar bisa mendinginkan ruangan lagi.
4. Selama waktu jeda ketika kompresor mendinginkan ruangan ini dinamakan stanby yang hanya memerlukan waktu sekitar 5 sampai 10 menit.

Apa Saja Ciri-Ciri Ketika Thermistor AC Mengalami Kerusakan?

Dalam sistem AC sekalipun yang sudah memiliki kualitas cukup bagus, thermistor mengalami kerusakan bukanlah hal yang mustahil. Jika memang terjadi kerusakan, Anda bisa mengukurnya menggunakan multitester namun caranya bisa dibilang cukup rumit. Agar lebih mudah sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu ciri-ciri thermistor mengalami kerusakan seperti berikut.
a. Unit outdoor sering mati hidup
Ketika Anda merasa AC sudah tidak dingin atau lebih lama waktunya untuk merubah ruangan menjadi lebih dingin, hal ini bisa saja terjadi karena ada kerusakan pada thermistor yang ditandai dengan kompresor AC sering mati hidup bersamaan dengan kipas.
b. Remote tidak bisa menyalakan AC
Thermistor yang mengalami kerusakan biasanya menimbulkan ciri-ciri dimana AC tidak bisa dinyalakan menggunakan Jasa Service dan Jual Chiller .
c. Mengeluarkan bunyi seperti suara ringtone
Jika AC sudah mengeluarkan bunyi seperti suara ringtone, hal ini menunjukkan adanya kerusakan di bagian thermistor. Hal yang harus Anda lakukan jika sudah terjadi demikian yaitu menggantinya dengan thermistor yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *